Konfigurasi wireles MikroTik

Konfigurasi wireles MikroTik
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perihal konfigurasi wireless pada MikroTik, Untuk penjelasan lebih lanjut simak artikel berikut ini.

Interface wireles pada MikroTik dapat difungsikan dengan berbagai macam mode. Karena interface wireles wlan1 akan difungsikan sebagai Acces Point, maka mode dari interface wlan1 yang harus Anda gunakan adala mode ap-bridge. anda dapat mengkonfigurasikannya dengan WinBox, menu yang dapat anda gunakan adalah Wireles – tab interface – pilih wlan1 – tab Wireles, seperti pada gambar berikut;

Berikut adalah penjelasan konfigurasi interface wlan1 diatas;

  • Opsi mode=ap-bridge, Opsi inilah yang menjadikan wlan1 sebagai AccesPoint.
  • Opsi ssid=”hotspot saya”, opsi yang memberikan nama (Service Set Identifier) kepada jaringan wireless anda. SSID berguna sebagai pengenal dari jaringan wireless.
  • Opsi band=2ghz-b/g/n adalah opsi yang membuat wlan1 dapat terhubung dengan perangkat Laptop/Handphone/PC Tablet yang juga bekerja pada freequensi 2,4 GHz.
  • Opsi freequency=2412 adalah opsi yang mebuat wlan1 bekerja pada freequency atau channel 2412 MHz. Freequensi 2412 MHz merupakan channel 1 pada rentang freequensi 2,4 GHz yang digunakan pada perangkat-perangkat wireless LAN (802.11).

Berikut ini adalah daftar frequensi yang digunakan oleh masing-masing channel pada rentang freequensi 2,4 GHz;

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *